SOSIALISASI PENGGUNAAN SIKDA GENERIK PADA TIM PENGELOLA SIK (SISTEM INFORMASI KESEHATAN) PUSKESMAS SE-KABUPATEN TABANAN

SOSIALISASI PENGGUNAAN SIKDA GENERIK PADA TIM PENGELOLA SIK (SISTEM INFORMASI KESEHATAN) PUSKESMAS SE-KABUPATEN TABANAN

Apa itu SIKDA Generik?

Aplikasi SIKDA Generik adalah aplikasi sistem informasi kesehatan yang mengintegrasikan sistem-sistem informasi di puskesmas dan sarana kesehatan lainnya, baik itu milik pemerintah maupun swasta. Aplikasi SIKDA Generik dikembangkan dalam rangka meningkatkan pelayanan kesehatan di fasilitas pelayanan kesehatan serta meningkatkan ketersediaan dan kualitas data dan informasi manajemen kesehatan melalui pemanfaatan teknologi informasi komunikasi.

Pada hari Jumat, 11 Oktober 2019 lalu bertempat di Ruang Pertemuan Dinas Kesehatan, Pengelola Program SIK Dinas Kesehatan Kabupaten Tabanan beserta pengelola program SIK pada masing masing Puskesmas se-Kabupaten Tabanan melaksanakan rapat yang bertujuan unuk mensosialisasikan penerapan SIKDA Generik yang nantinya akan serentak digunakan mulai tanggal 1 Nopember 2019.

Pada surat edaran sebelumnya, Puskesmas diharapkan sudah melakukan uji coba untuk memakai system SIKDA Generik (https://e-sikda.kemkes.go,id/5102). Pengelola SIK Dinas Kesehatan Kabupaten Tabanan, I Wayan Eka Wirawan, ST mengharapkan agar semua puskesmas segera mencoba menggunakan system tersebut sehingga pada tanggal 1 Nopember 2019 semua puskesmas telah serentak menggunakan system SIKDA Generik.

Dalam pertemuan tersebut juga dilakukan simulasi untuk melihat tampilan system SIKDA Generik yang baru. Mulai dari system pendaftaran, diagnose pada pelayanan UGD/Poli/Rujukan ke RS, pelayanan obat di apotek, beserta pelayanan kasir akan terintegrasi sehingga akan memudahkan pelayanan di Puskesmas. Jika data pasien sudah terinput maka data pasien tersebut akan langsung masuk pada laporan SP2TP.

Aplikasi “SIKDA GENERIK” merupakan penerapan standarisasi Sistem Informasi Kesehatan, sehingga diharapkan dapat tersedia data dan informasi kesehatan yang cepat, tepat dan akurat dengan mendayagunakan teknologi informasi dan komunikasi dalam pengambilan keputusan / kebijakan dalam bidang kesehatan.

Diharapkan dengan dilaksanakannya sosialisasi ini, semua pengelola SIK di Puskesmas se-Kabupaten Tabanan siap untuk menggunakan system SIKDA Generik pada waktu yang telah ditetapkan sehingga mampu meningkatkan pelayanan, ketersediaan/kualitas data, dan informasi manajemen kesehatan di Puskesmas.

Artikel : Sub Bag Keuangan dan Perencanaan