KEGIATAN APOCIL DI SD 1 DAN 2 PENEBEL DENGAN TEMA ” BERSAMA APOTEKER MENGENAL OBAT SEJAK DINI”

Apa sih APOCIL itu?

Dalam rangka menyambut Hari Apoteker Sedunia / World Pharmacists Day 2019 yang jatuh pada tanggal 25 September 2019, seluruh Apoteker Indonesia yang ditunjuk sebagai Agent of Change (AoC) melakukan sosialisasi Gerakan Masyarakat Cerdas Menggunakan Obat (Gema Cermat) di Sekolah Dasar yang ada di wilayah kerjanya. Tujuannya adalah untuk membentuk Apoteker Cilik atau disingkat “APOCIL” sebagai kader kesehatan di sekolah terkait cara menggunakan obat yang baik dan benar.

Kegiatan ini merupakan program dari Pengurus Pusat Ikatan Apoteker Indonesia (PP IAI) bersama Kemenkes RI dalam rangka pencapaian rekor MURI dimana sasarannya adalah anak Sekolah Dasar kelas 5 dengan target peserta 30.000 – 50.000 siswa.

Apoteker AoC dan Anggota PC IAI Kabupaten Tabanan pun ikut andil dalam mensukseskan program ini dengan melakukan sosialisasi gema cermat kepada APOCIL di SD 1 dan 2 Penebel. Kegiatan yang dilaksanakan hari Sabtu, 12 Oktober 2019 ini diisi dengan bernyanyi bersama lagu jingle “Apoteker Cilik”, pemberian materi tentang DAGUSIBU, sederetan games seru dengan hadiah-hadiah menarik dan diakhiri dengan penyematan pin APOCIL kepada siswa dan penyerahan piagam kepada pihak sekolah. Dengan kegiatan ini, para APOCIL diharapkan dapat menularkan ilmu yang diperoleh saat sosialisasi kepada teman sekolah, keluarga, serta masyarakat pada umumnya.

Dengan pelaksanaan yang serentak di seluruh Indonesia, dan semangat seluruh Apoteker Indonesia dalam melaksanakan program ini, PP IAI berhasil memecahkan  rekor MURI dengan kategori Edukasi Pengenalan Obat Kepada Siswa Sekolah Dasar Terbanyak.

I Gusti Ngurah Indra Permana Jaya, S.Farm, Apt., Apoteker AoC Kabupaten Tabanan sekaligus ketua panitia kegiatan ini menuturkan bahwa kegiatan ini dapat memberikan dampak yang besar terhadap peningkatan mutu kesehatan masyarakat karena dengan menanamkan prinsip cerdas menggunakan obat sejak dini maka masyarakat akan lebih waspada dalam menggunakan obat, karena obat bisa memberikan kesembuhan apabila kita dapat menggunakannya dengan bijak. Selain itu, harap beliau, program APOCIL yang diinisiasi saat ini akan menjadi program berkelanjutan dari Kemenkes RI, sehingga akan tumbuh APOCIL – APOCIL lainnya hingga seluruh masyarakat sadar akan pentingnya cerdas dalam menggunakan obat.